Laporan Diskusi Genom Organisme (Kelas B1)

1

Ika Oksi S (B1J006034)

Pertanyaan:

a. Mengapa kromosom pada organisme prokariot bentuk kromosomnya sirkuler dan organisme eukariot bentuk kromosomnya linier?

Jawab: Hari K dan Nurlina

Kromosom pada organisme prokariot memiliki bentuk lingkaran (sirkuler) dan semua gen tersusun sepanjang lingkaran tersebut serta tidak berasosiasi dengan protein histon, hal ini disebabkan oleh organisme prokariot tidak memiliki membran inti dan pada bentuk selnya lebih sederhana. Organisme euokariot kromosomnya berbentuk linier, hal ini disebabkan organisme ini mempunyai membran inti, lebih kompleks dan berasosiasi sangat erat dengan protein histon..

b. Apakah ada fungsi khusus mengenai bentuk kromosom tersebut?

Jawaban:

Perbedaan antara bentuk kromosom linier dan sirkuler berperan dalam proses pembelahan sel. Organisme prokariot yang bentuk kromosomnya sirkuler, tidak memiliki membran inti sehingga pada fase pembelahannya tidak melewati fase peleburan membran inti sedangkan eukariot memiliki membran inti sehingga akan melewati fase peleburan membran inti yang diikuti dengan pemendekan benang-benang kromatin

2

Anindita DS (B1J006022)

Apa mungkin terjadi kelebihan kromosom pada manusia?

Jawab: Dini

Kromosom yang jumlahnya berlebihan dapat terjadi, misalnya apabila terjadi pada manusia kelebihan kromosom nomor 21 akan menyebabkan sindrom down.

3

Agustina Dita K (B1J006030)

Jelaskan lebih rinci mengenai evolusi kromosom!

Jawab: Hari

Evolusi kromosom sering cenderung mempertahankan jumlah lengan kromosom tanpa mempertahankan jumlah kromosom tersebut, sebagai contoh pada lalat buah (Drosophilla melanogaster) memiliki 2 buah autosom metasentrik yang besar sementara banyak spesies Drosphilla lain yang mempunyai 4 autosom akrosentrik yang kecil.

4

Sulistiyani (B1J006026)

Mengapa yang dibahas pada presentasi ini kebanyakan dari organisme eukariot, sedangkan prokariot sangat sedikit?

Jawab: Ika

Karena organisme eukariot sangat kompleks dibandingkan dengan organisme prokariot.

5

Arifatus S (B1J006028)

Jelaskan mengenai mekanisme evolusi kromosom?

Jawab: Hendry

Evolusi terjadi sangat lama.Teorema Hardy-Weinberg menjelaskan suatu kumpulan gen dalam suatu kesetimbangan yaitu suatu populasi yang tidak berevolusi. Konsep kesetimbangan Hardy-Weinberg menyatakan jika suatu populasi tidak berevolusi. Nilai kesetimbangan untuk frekuensi alel dan genotif yang dihitung dengan persamaan Hardy-Weinberg memberikan dasar untuk melacak struktur genetik suatu populasi selama beberapa generasi. Jika frekuensi alel atau genotif menyimpang dari nilai yang diharapkan dari kesetimbangan Hardy-Weinberg maka populasi itu dikatakan sedang berevolusi, karena perubahan dalam suatu kumpulan gen yang seperti itu adalah evolusi dalam skala terkecil maka keadaan ini secara lebih spesifik disebut mikroevolusi. Mikroevolusi tetap berlangsung sekalipun frekuensi alel berubah hanya untuk sebuah lokus genetik tunggal. Beberapa penyebab mikroevolusi sebagai suatu penyimpangan dari kesetimbangan  Hardy-Weinberg adalah hanyutan genetik (genetic drift), aliran gen (gene flow), mutasi, perkawinan tidak acak dan seleksi alam.

6

Byan T (B1J006032)

Apa maksud dari rekombinasi?

Jawab: Ike

Rekombinasi adalah penggabungan sifat-sifat parental pada filial. Rekombinasi terjadi penggabungan sifat kedua induk yang diturunkan pada anak, salah satunya melalui crossing over

7

Tri Yuni I W (B1J006040)

a. Mengapa Drossophilla melanogaster lebih banyak digunakan dalam penelitian?

Jawab: Ike dan Hari

            Karena Drosophilla melanogaster memiliki telur yang banyak, siklus hidup yang pendek, dan jumlah kromosomnya sedikit

b. Apakah semua bentuk kromosom ada pada manusia?

Jawab:

Klasifikasi struktur kromosom metasentrik, submetasentrik dan akrosentrik dapat ditemukan pada kromosom manusia, hal ini nampak pada kariotipe (gambaran visual) pada gambar kromosom.

c. Apakah bentuk kromosom mempunyai pengaruh tertentu?

Jawab:

Klasifikasi struktur kromosom sebenarnya agak dipaksakan akan tetapi istilah-istilah tersebut sangat berguna untuk memberikan gambaran tentang kromosom, adapun perbedaan bentuk kromosom tersebut digunakan pada saat pemetaan gen.(sumber)

8

Nani (B1J005160)

Pertanyaan

a. Mengapa kromosom nampak jelas pada fase anafase?

Jawab:Dini M.P (B1J006014)

Karena pada tahap anafase, kromosom mengalami penebalan dan berpasangan kemudian kromosom berpasangan tadi akan berpisah dari pasangannya menuju ke kutubnya masing-masing (Apa iya?)

b. Apakah gen sama dengan DNA?

Jawab:Hari K (B1J006010) 

Gen adalah DNA tetapi DNA belum tentu gen karena setiap gen terdiri dari DNA

c. Apa  yang dimaksud dengan gen dan DNA?

Jawab:

Gen adalah satuan informasi genetik yang terdiri atas suatu urutan nukleotida spesifik dalam DNA. DNA adalah asam nukleat yang mengandung materi genetik dan berfungsi untuk mengatur perkembangan biologis seluruh bentuk kehidupan secara seluler.

9

Priyambodo (B1J006062)

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kromosom sehingga antara spesies yang satu dengan yang lain berbeda jumlah kromosomnya!

Jawab:Hendry W (B1J006016)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh T.H Morgan dan ilmuan lainnya bahwa setiap spesies memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda. Jadi tidak ada faktor yang menentukan jumlah kromosom antara spesies satu dengan yang lainnya

Download Laporan Diskusi Genom Organisme (Kelas B1)

dasar-dasar-pewarisan-mendel.ppt

7 Tanggapan

  1. BUAT TEMAN-TEMAN YANG PENGEN TAHU CARA BIKIN BLOG, KLIK ZA DI http://havalova.blogspot.com/
    MARI KITA SUKSESKAN SOSIALISASI BLOG FAKULTAS BIOLOGI UNSOED,
    BIKIN YA…!!!

  2. Yuuk… Kita Ramein Blog Fabio Unsoed…
    bikin blog mu sendiri,… biar bisa curhat ke temen2 se-antero dunia, nge up-load materi
    , semua tentang Biologi Unsoed, berbagi materi, share journal, berbagi flash video buat presentasi or pa za dech…
    Kalo lom tau caranya, ga usah malu tanya tetangga… atau
    kamu bisa baca di
    http://havalova.blogspot.com/
    Met mencoba, dan semangat buat bikin blognya…
    (+_+)

  3. hallo…….

  4. Blog kelas b1 succses…

  5. buat jawaban yang kurang puas bagi para penanya pada diskusi yang kelompok kami presentasikan, bisa di jadikan referensi di http://library.usu.ac.id/download/fmipa/biologi-dwis.pdf
    met mencoba…

  6. Buat jawaban nomor satu yang dijawab kelompok penyaji, kami belum bisa menjawab sepenuhnya.. tolong donk yang punya jawaban yang lebih tepat di kasih commet ke sini…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: