Laporan: Dasar-dasar Pewarisan Mendel

1. Untuk menghasilkan gen tertentu seperti sederetan alel pada lokus w pada Drosophila melanogaster dengan perbedaan tingkat aktivitas dalam produksi pigmen mata dapat diukur dengan menggunakan spektrofotometer.
[Young P, B1J006038]
2. Tipe golongan MN berbeda dengan golongan darah sistem ABO, pada golongan darah sistem MN serum atau plasma darah orang tidak mengandung zat anti M maupun anti N. Dengan begitu, golongan darah sistem MN tidak penting untuk keperluan transfusi darah karena tidak ada bahaya penggumpalan.
[Tri Yuni I.W, B1J006040]
3. Pada awalnya sistem darah Rh memang belum diketahui merupakan alel ganda. Orang berdarah rhesus positif ditandakan dengan genotip RR dan rhesus negatif dengan genotip rr. Namun setelah dilakukan penelitian lanjut, ternyata golongan darah Rh tidak hanya terdiri dari 2 alel (R dan r) tetapi ada 8 alel yaitu :
o Untuk Rh-positif, alel-alelnya RZ, R1, R2, R0
o Untuk Rh-negatif, alel-alenya ry, ri, rv, r
[Menurut Landsteiner dalam buku Suryo, 1998]
[Tri Yuni I.W, B1J006040]
4. Diantara semua golongan darah yang dikenal (ABO, MN, dan Rh) yang mempunyai peran lebih penting tentu saja golongan darah ABO karena golongan darah ini sangat penting pada proses transfusi darah, jika tidak diperhatikan bisa terjadi penggumpalan yang mengakibatkan kematian sedangkan golongan darah Rh berbahaya pada penyakit eritrobastosis tatalis.
[Tri Yuni I.W, B1J006040]
5. Golongan darah Rh diatur oleh 3 loki (C, D, E) atau 6 alel terangkai amat berdekatan (C, c, D, d, E, e). Antigen C (cc)tidak akan mempengaruhi golongan darah Rh pada individu karena dari hasil penelitian tidak diketahui bahwa gen adalah yang menentukan sebagai individu Rh+ dan Rh- . sedangkan pasangan alel yang lain seperti cc hanya menentukan adanya antigen pada eritrosit. (Menurut Race dan Fisher)
[Tri Yuni I.W, B1J006040]
6. Apabila seorang ibu ber Rh- dan laki-laki ber Rh+ maka anak yang dikandungnya ber Rh+ namun apabila sang ibu ber Rh+ dan anak yang dikandung ber Rh- hal ini tidak membahayakan karena antigen dari bayi tidak akan mempengaruhi sang ibu karena kekebalan dari si Ibu sudah terbentuk sempurna dan kuat berbeda dengan ketahanan si bayi yang sangat lemah.
[Tri Yuni I.W, B1J006040]
7. back cross sendiri digunakan untuk memisahkan gen tertentu misalkan gen pembawa sifat enak dan wangi pada nasi, lalu pada keturunan keberapa sifat ini bertahan, itu tergantung pada dengan individu apa perkawinan dilakukan jikadilakukan persilangan dengan tanaman yang bersifat kebalikan misal rasa tidak enak dan bau apek maka tanaman yang bersifat enak dan wangi tadi sifatnya tidak akan bertahan lama. Pada bidang pertanianback cross biasanya digunakan untuk mendapatkan bibit ungguljikasudah didapatkan bibit ungguk itutentu saja diusahakan sifat itubertahan lebihlamaatau bahka lebih baik lagi. Maka biasanyabibit unggul itu disilangkan dengan sesamanya. Jadi pada keturunan keberapa sifat itu bertahan tergantung perkawinan yang dilakukuannya dengan indifidu yang seperti apa.
8. jika diinginkan anak yang berurutan misalkan lak-laki, perempuan, laki-laki, perempuan, laki-laki, perempuan, laki-laki, perempuan maka digunakan teori dasar nya. Peluang anak laki-laki adalah ½ begitu juga dengan perempuan ½ jadi peluang nya ½ x ½ x ½ x ½ x ½ x ½ = 1/64. atau 1 : 64.

Satu Tanggapan

  1. saya ingin tau lebih jauh tentang siklus hidup drosophila melanogaster…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: