Ekspresi Gen Bagian Kedua

Kelompok Pengaturan Ekspresi Gen:

1. I Made Indramawan (B1J006096)

2. Wahyu Sulistiono         (B1J006098)

Notulen Hasil Diskusi

Pertanyaan Penyangga:
1. Jelaskan mengenai kode genetik universal ?

KODE GENETIK UNIVERSAL


Jawaban Penyaji :
Kode genetik universal yaitu suatu kodon yang terdiri dari tiga kombinasi basa. Suatu tiga basa menyandi satu macam asam amino misalnya dapat dilihat pada UUU dan UUC menyandi sebuah asam amino berupa Fenilalanin, serta UAA dan UUG menyandi asam amino berupa leusin dan begitu seterusnya. Pada tabel terlihat first base, second base dan third base, yang artinya adalah berupa basa pertama, basa kedua dan basa ketiga, untuk memudahkan agar seseorang dapat membaca kode genetik tersebut maka dibuatlah seperti itu, misalnya pada first base kita membaca U, dan second base kita membaca C, dan third base kita membaca U maka dapat kita simpulkan bahwa kombinasi basa yang kita baca tadi adalah UCU yang mengkode sebuah asam amino yang berupa Serin, dan begitu seterusnya.
Pertanyaan Penyangga:
2. Jelaskan gambar mengenai mekanisme terjadinya pengaturan pengendalian positif dan pengendalian negatif pada pengaturan ekspresi gen ?

Pengendalian Negatif

Pengendalian Positif


Jawaban Penyaji :
Pada gambar sebelah atas (a) adalah gambar mengenai pengaturan ekpresi gen pengendalian negatif, sedangkan pada gambar sebelah bawah (b) adalah gambar mengenai pengaturan ekspresi gen pengendalian positif. Pada gambar pertama dari gambar pengendalian negatif menjelaskan bahwa gen regulator menghasilkan suatu protein represor yg dikode oleh gen lacI. Represor ini menempel pd daerah operator (lacO) yg terletak disebelah hilir promoter. Operator lac berukuran sekitar 28 pasang basa. Penempelan menyebabkan RNA polimerase tidak dapat melakukan transkripsi gen-gen struktural (lacZ, lacY dan lacA) sehingga operon mengalami represi. Pada gambar kedua dari pengendalian negatif menjelaskan bahwa induser melekat pada bagian represor dan mengubah sisi allosterik dari represor, sehingga mengubah secara allosterik konformasi molekul represor, kemudian represor tidak dapat menempel lagi pada operator dan represor tidak mampu menghambat trankripsi. RNA polimerase akan terus berjalan. Pada gambar ketiga dari pengendalian negatif menjelaskan bahwa represor yang dihasilkan oleh gen regulator tidak berikatan dengan ko-represor akan tidak aktif dan trankripsi pun akan berjalan. Pada gambar keempat pada pengendalian negatif menjelaskan bahwa represor yang berikatan dengan ko-represor pada sisi allosteriknya akan menghambat transkripsi.
Pada gambar pertama dari pengendalian positif menjelaskan bahwa gen regulator menghasilkan suatu aktivator yang belum aktif, sehingga transkripsi tidak bisa berjalan. Pada gambar kedua dari pengendalian positif menjelaskan bahwa aktivator yang dihasilkan oleh gen regulator berikatan dengan protein induser sehingga aktivator akan tereaktivasi dan trankripsi pun berjalan. Pada gambar ketiga pada pengendalian positif menjelaskan gen regulator yang menghasilkan suatu aktivator yang sudah aktif dan transkripsi akan berjalan. Pada gambar keempat dari pengendalian positif menjelaskan bahwa aktivator akan berikatan dengan dengan ko-represor sehingga menjadi tidak aktif, maka tidak terjadi transkripsi.
Pertanyaan Penyangga:
3. Apa yang dimaksud dengan pengaturan ekspresi gen secara secara konstitutif ?
Jawaban Penyaji :
Pengaturan ekspresi gen secara konstitutif yaitu pengaturan ekspresi gen yang selalu on atau berjalan terus. Kelompok gen konstitutif merupakan kelompok gen yang bertanggung jawab terhadap metabolisme dasar, misalnya metabolisme energi atau sintesis komponen-komponen selular, sehingga pengaturan ekspresi gen ini harus berjalan secara kontinyu.
Pertanyaan Penyangga:
4. Apakah maksud dari syarat kode genetik tidak saling tumpang tindih (non-overlapping) ?
Jawaban Penyaji :
Tidak saling tumpang tindih atau non-overlapping artinya adalah bahwa tidak ada kombinasi dari tiga basa yang sama yang mongkode suatu asam amino. Satu macam asam amino dapat disandi oleh lebih dari satu triplet kodon, namun satu macam triplet kodon tidak bisa menyandi lebih dari satu macam asam amino yang berbeda, misalnya pada triplet kodon UUU akan menyandi Fenilalanin , tetapi triplet kodon ini tidak akan bisa menyandi macam asam amino lain.

Satu Tanggapan

  1. Pak saya udah semaksimal mungkin dalam mengerjakan seluruh tugas dan ujian Genetika. Semoga apa yang saya kerjakan ini bisa bermanfaat bagi saya dan dunia, amien…..

    Pak kalo saya punya salah dan khilaf.. Mohon dimaafkan ….

    Terima Kasih Ya Pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: