Materi Genetik Lanjutan (2)

Kelompok VIII Materi Genetik Lanjutan (2)

Anggota :

Amy Puteri W B1J006080

Febri Damayanti B1J006082

Ayiguna Mada Wardiana B1J006084

Farda Komarudin B1J006190

Pertanyaan 1. Risdiyanto B1J006086

Apa yang dimaksud replikon?

Jawab : Febri Damayanti B1J006082

Replikon adalah suatu satuan tunggal setiap molekul DNA yang melakukan replikasi, jadi setiap DNA yang mengalami pemisahan kedua untai mempunyai dua replikon yang masing-masing akan berperan sebagai cetakan bagi pembentukan untai DNA baru.

Pertanyaan 2. Andry Aziz Permana B1J006090

Pada eukariot, selain terjadi replikasi dua arah, ori dapat ditemukan di beberapa tempat sedangkan pada prokariot ori terdapat pada satu tempat saja, jelaskan!

Jawab : Farda Komarudin B1J006190

Replikasi Eukariot dapat berupa replikasi lingkaran linier yang diawali dengan pumutusan ikatan OH pada titik-titik tertentu didalam molekul DNA tertentu sehingga terjadi beberapa titik awal replikasi atau origin of replication (ori) terdapat pada beberapa tempat. Sedangkan Replikasi Prokariot dapat berupa replikasi lingkaran sirkuler yang diawali dengan pemutusan ikatan fosfodiester pada salah satu titik didalam molekul DNA sehingga terjadi satu titik awal replikasi atau origin of replication (ori) pada satu tempat.

Pertanyaan 3. Frida Yunita Sari B1J006094

Selain bakteri E coli, apa ada bakteri lain yang digunakan dalam percobaan?

Jawab : Amy Puteri W B1J006080

Tidak ada, sejauh pustaka yang kami telusuri bakteri yang digunakan hanya E coli.

Pertanyaan 4. Nailil Fitri B1J006088

Kenapa RNA yang mengawali proses inisiasi dalam transkirsi DNA bukan DNA sendiri, jelaskan!

Jawab : Ayiguna Mada Wardiana B1J006084

Karena yang mengawali inisiasi atau penambahan basa pada DNA hasil replikasi harus rantai tunggal, sehingga yang dibutuhkan adalah untai RNA primer yang pendek untuk memulai atau menginisiasi sintesis pada untai pengarah bukan untai rantai ganda yang menyusun struktur DNA.

Pertanyaan 5. Nailil Fitri B1J006088

Jelaskan perbedaan pembelahan pada Eukariot dan Prokariot?

Jawab : Farda Komarudin B1J006190

Pembelahan pada Prokariot dimulai dengan adanya replikasi DNA kromosom Prokariot khususnya bakteri sangat berkaitan dengan siklus pertumbuhan. Pada laju pertumbuhan sel yang sangat tinggi, DNA kromosom prokariot dapat mengalami renisiasi replikasi pada dua ori yang baru terbentuk, sebelum putaran replikasi yang pertama berakhir. Akibatnya, sel-sel hasil pembelahan akan menerima kromosom yang sebagian telah bereplikasi. Sedangkan pada Eukariot replikasi DNA hanya terjadi pada fase S didalam interfase. Didalam fase S ditandai dengan adanya sintesis DNA serta pembentukan kromatid kembar. Selanjutnya sel memasuki tahap persiapan mitosis, setelah interfase berakhir sel kemudian mengalami mitosis yang akan membagi DNA hasil sintesis pada tahap S dan kromatid kembarnya ke dalam kedua sel yang dihasilkan sehingga masing-masing sel ini akan bersifat diploid seperti sel asalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: